Manfaat Cempedak Untuk Kesehatan

RatuBuah.com – Buah eksotis yang sangat mirip dengan Nangka ini juga dikenal dengan sebutan champada, bangkong, sonokadat, atau Artocarpus Integer. Buah ini bisa ditemukan pada berbagai daerah di wilayah Asia Tenggara dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat buah cempedak? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Taksonomi Cempedak

kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Urticales

Famili: Moraceae

Genus: Artocarpus

Spesies: A. integer

Asal Usul Cempedak

Cempedak adalah salah satu buah asli asal Indonesia yang cukup terkenal luas dikalangan masyarakat. Buah ini memiliki nama latin Artocarpus Integer (Thunb) Merr, buah ini berbentuk bulat panjang, bewarna kehijauan, kekuningan hingga kecoklatan. Kulit cempedak tidak setebal kulit nangka, namun buah ini memiliki tekstur yang kasar, namun Buah tersebut bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai masakan.

Kandungan Cempedak

Dalam 100 gram cempedak, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

25 gram karbohidrat

2,5 gram protein

0,4 gram lemak

3,5 gram serat

40 miligram kalsium

1 miligram zat besi

18 miligram vitamin C

Manfaat Cempedak

1. Menajaga kesehatan Pencernaan

Cempedak berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalam cempedak mampu menjaga keseimbangan bakteri. Buah ini juga didukung oleh kandungan mineral, vitamin dan antioksidan xanthone yang bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah.

Biji cempedak diketahui bisa diolah menjadi tepung dan dimanfaatkan sebagai pengganti tepung terigu. Tepung biji cempedak ini memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi, serta memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari tepung roti. Dengan begitu tepung biji cempedak bisa menjadi pilihan yang lebih sehat untuk penderita diabetes dan obesitas.

3. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Hal ini karena buah cempedak kaya akan serat, kalium, vitamin C, dan antioksidan yang memiliki peran besar terhadap kesehatan jantung. Nutrisi tersebut mampu mencegah hipertensi dan mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Buah cempedak mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Beta karoten adalah nutriosi yang siap diubah tubuh menjadi vitamin A yang dapat menjaga kesehatan kornea, yaitu lapisan terluar mata berupa selaput bening yang menutupi bagian depan mata.

5. Kurangi Resiko kanker

Akar cempedak mengandung senyawa antioksidan bernama, Artoindonesianins A dan B yang dapat menghambat perkembangan sel kanker leukemia.

Manfaat buah cempedak untuk kesehatan memang banyak, Namun, untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit, kamu tidak bisa mengandalkan cempedak saja.

ARTIKEL REKOMENDASI